Pasikola atau Petepete Anak Sekolah adalah layanan antar jemput anak sekolah, terkhusus SD – SMP, di Makassar.

Ide Pasikola adalah hasil dari workshop Transportasi Publik Yang Dicintai Warga Makassar yang diadakan oleh Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Perhubungan, Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), United Nation Development Programme dan UN Pulse Lab pada November 2016.

Setelah melalui berbagai proses seperti lokakarya purwarupa, riset lapangan dan inkubasi, Pasikola memulai ujicoba tahap pertama, yang disebut Piloting 1.1, pada 15 Mei 2017 setelah sebelumnya pada bulan April 2017 satu armada melalui proses modifikasi dari petepete konvensional menjadi Petepete Anak Sekolah yang dilengkapi berbagai fasilitas, yang antara lain: Perpustakaan Mini, Air Minum, Penyejuk Ruangan, Teralis Pengaman, Kotak P3K, Tabung Pemadam Kebakaran, Audio, Colokan Listrik, Pengharum Ruangan dan Tempat Sampah.

Selain fasilitas di atas, armada Pasikola juga dilengkapi dengan aplikasi e-Pasikola untuk memudahkan orang tua siswa dalam memantau keberadaan armada Pasikola dan anaknya. Aplikasi ini juga untuk memudahkan para orang tua siswa, pengemudi, pihak sekolah dan manajemen Pasikola dalam berkoordinasi dan bertukar informasi.

Hingga Piloting 1.3 berakhir pada akhir September 2017, Pasikola sudah memiliki empat armada. Keempat armada itu melayani SMPN 3 Makassar dan SDN Kompleks IKIP/IKIP 1 Makassar dengan masing-masing sekolah terlayani dengan dua armada. Saat ini menjelang Piloting 1.4, Oktober – Desember 2017, Pasikola menambah dua armada lagi dan akan beroperasi pada November 2017 dengan sekolah target baru.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pasikola, silakan berkunjung atau menghubungi:

Pasikola
Kantor Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI)
Jl. Andi Mappanyukki No 32 Makassar
Email        : cspasikola@gmail.com
Instagram : @epasikola
HP/WA CS : 082197233738