Sosialisasi Penambahan dan Perekrutan Siswa Pasikola

Selama Piloting 1.1 hingga akhir Piloting 1.5, permintaan akan layanan Pasikola terus meningkat. Atas adanya respon positif tersebut, Dinas Perhubungan Kota Makassar akan melakukan penambahan layanan antar jemput menjadi dua rit. Oleh karena itu, nantinya satu unit armada Pasikola akan melayani 20 siswa.

Sebagai langkah awal penambahan siswa layanan itu, Tim Pasikola yang dipimpin langsung oleh Jasman Launtu, Kabid Moda Transportasi Dishub Makassar melakukan sosialisasi pada tujuh sekolah target yang dimulai pada hari Kamis, 5 April 2018, di Kompleks SDN Sudirman.

Sosialisasi dimulai dengan pertemuan bersama Kepala Sekolah SDN Sudirman 1 yaitu Ibu Hj. Arjunawati dan Pak Aslam, guru yang selama ini banyak membantu Pasikola. Dalam pertemuan ini, Ibu Kepala Sekolah menyatakan apresiasi dan dukungannya kepada Pasikola. Sebagai bentuk dukungan pada Pasikola, Ibu Arjuna akan memberikan kesempatan pada Pasikola untuk presentasi pada kegiatan Tidung Sipulung yang akan diadakan pada bulan Mei mendatang. Tudang Sipulung ini melibatkan semua sekolah di kompleks SDN Sudirman dan akan mengundang semua orang tua siswa dari keempat sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SDN Sudirman 1 menerima Tim Pasikola

Pada pertemuan ini, Ibu Hj Arjunawati menekankan bagaimana layanan Pasikola sangat membantu orang tua siswa dan sekolah. Menurut beliau, Pasikola meningkatkan daya tarik sekolahnya ke masyarakat. Ibu Arjuna juga sangat berterima kasih pada para pengemudi Pasikola karena memberi pelayanan yang baik dan sangat dekat dengan anak-anak. “Pengemudi Pasikola sampai memayungi anak-anak hingga ke depan kelas saat hujan. Terus, para pengemudi Pasikola juga bantu sekolah membersihkan lahan yang digunakan sebagai sarana parkir.”  Ungkap Ibu Hj Arjunawati.

Selanjutnya, bersama Pak Aslam, tim kemudian mengadakan sosialisasi di kelas 5b SDN Sudirman 1. Setelah sosialisasi di kelas ini, tim kemudian membagi diri menjadi dua kelompok. Satu tim, Pak Anang dan Agung beserta tim Dishub melanjutkan sosialisasi pada enam kelas lain (2a, 2b, 3a, 3b, 4a, 4b). Satu tim lainnya menemui satu persatu Kepala Sekolah SDN Sudirman 3 dan SDN Sudirman 4 lalu melakukan sosialisasi pada kelas 4A SDN Sudirman 4 dan kelas 5A SDN Sudirman 3. Secara keseluruhan, tim melakukan sosialisasi pada sembilan rombongan belajar dengan membagikan 239 lembar formulir.

Tim Pasikola membagikan formulir pada siswa SDN Sudirman

Selain di kompleks SDN Sudirman, Tim Pasikola juga melakukan sosialisasi di kompleks SDN IKIP. Sebagai langkah awal, mewakili Pasikola, Irawadi dan Aswar melakukan koordinasi dengan kepala sekolah SD IKIP 1/Kompleks IKIP tanggal 5 April. Koordinasi ini untuk mengkonfirmasi jadwal sosialisasi yang akan kami lakukan selama sepekan depan.

Pada saat melakukan kordinasi dengan kepala sekolah SD Komplek IKIP, kami mendapatkan respon yang sangat baik dan beliau senang karena tim Pasikola akan melakukan penambahan jadwal antar-jemput menjadi 2 round. Ibu Fitri, Kepala Sekolah SDN Komp. IKIP menyarankan untuk sosialisasi pada hari Sabtu, 07 April 2018 dikarenakan pada hari Jumat waktu siswa di sekolah sangat terbatas. Beliau juga akan menginformasikan ke semua wali kelas SD Kompleks IKIP melalui whatsapp terkait jadwal sosialisasi tersebut.

Untuk SMPN 3, Tim melakukan kordinasi dengan kepala sekolah mengenai penambahan siswa ke depannya. Ada enam siswa yang akan lulus dan itu berarti Pasikola membutuhkan siswa pengganti. Pekan ini, Tim Pasikola belum mengadakan sosialisasi di SMPN 3 karena sedang berlangsung Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat sekolah menengah pertama.

Dengan adanya sosialisasi ini, yang akan diikuti oleh tahap pemetaan dan penentuan rute, diharapkan nantinya Pasikola dapat melayani 200 siswa dengan sepuluh unit armada yang ada.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *