Pasikola: Dari Piloting 1.1 ke Piloting 1.5

Saat memulai masa ujicoba atau yang kami sebut Piloting 1.1 pada Mei 2017, Pasikola hanya memiliki satu armada. Armada tersebut dikemudikan oleh Pak Sudarmin, pengemudi pertama kami, dan melayani siswa di SMPN 3 Makassar. Pemilihan SMPN 3 Makassar sebagai sekolah piloting pertama berdasarkan pada pertimbangan sekolah ini terletak pada kawasan yang padat dan selalu mengalami kemacetan. Piloting 1.1 ini berlangsung Mei 2017 – 20 Juni 2017.

Bertepatan dengan tahun ajaran baru, pada tanggal 24 Juli kami memulai Piloting 1.2 dengan meluncurkan armada baru dan menambah dua sekolah layanan yaitu; SDN Kompleks IKIP dan SDN IKIP 1. Pemilihan sekolah baru ini juga berdasarkan pada kondisi kawasan di mana sekolah berada. Dua sekolah tambahan ini terletak di Jl. Andi P.Pettarani yang merupakan jalan arteri yang sering kali mengalami kemacetan. Pada Piloting 1.2 yang berlangsung pada 24 Juli hingga 26 Agustus 2017 ini Pasikola melayani 20 siswa di tiga sekolah; SMPN 3 Makassar, SDN Kompleks IKIP dan IKIP 1.

Pada piloting selanjutnya, Piloting 1.3, kami kembali menambah dua armada. Satu armada tambahan untuk SMPN 3 Makassar dan satu untuk  Selama Piloting 1.3 yang berlangsung 4 – 30 September 2017 ini, Pasikola mengoperasikan empat armada yang melayani 39 siswa yang berasal dari tiga sekolah yaitu; SMPN 3 Makassar, SDN Kompleks IKIP dan SDN IKIP 1.

Pasikola kembali mengadakan penambahan armada dan sekolah layanan pada Piloting 1.4 yang secara resmi berlangsung dari 1 Oktober hingga 31 Desember 2017. Penambahan dua armada ini diiringi dengan penambahan empat sekolah layanan di kompleks SDN Sudirman yang terletak tak jauh dari Lapangan Karebosi. Ada pun sekolah-sekolah yang terletak di area ini adalah SDN Sudirman 1, SDN Sudirman 2, SDN Sudirman 3 dan SDN Sudirman 4. Pada masa piloting ini enam armada Pasikola melayani 66 siswa di tujuh sekolah.

Melihat tingkat kebutuhan dan permintaan yang besar pada layanan Pasikola di Kompleks SDN Sudirman, Pasikola kemudian memutuskan menambah armada pada sekolah-sekolah itu pada Piloting 1.5. Pada piloting yang direncanakan berlangsung per 1 Januari hingga 31 Maret 2018 ini, enam armada melayani siswa-siswa Kompleks SDN Sudirman, dua armada di Kompleks SDN IKIP dan dua armada di SMPN 3 Makassar. Secara keseluruhan, saat ini Pasikola mengoperasikan 10 armada yang melayani 104 siswa di tujuh sekolah yang terletak di tiga kawasan padat dan macet.

Tentu saja, angka-angka tersebut belumlah seberapa mengingat tingkat kebutuhan layanan antar jemput anak sekolah di Makassar yang tinggi membutuhkan lebih banyak armada. Ke depan, semoga Pasikola bisa menambah armada  sehingga bisa melayani lebih banyak siswa dan sekolah.

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *