Evaluasi Bulanan Februari 2018 Pasikola

Pada pelaksanaan Training of Trainer Piloting 1.5 bulan Januari 2018 lalu, Tim Pasikola memutuskan untuk memberi apresiasi pada satu dari sepuluh pengemudi sebagai Pengemudi Bulan Ini. Pada forum itu pula Tim Pasikola sepakat untuk melanjutkan apresiasi itu pada bulan berikutnya.

Apresiasi berupa voucher belanja pada sebuah minimarket, meski nilainya kecil, ternyata mampu meningkatkan performa layanan para pengemudi. Para pengemudi semakin memahami nilai pelayanan Pasikola dan SOP Antar Jemput. Komunikasi pengemudi ke orang tua dan siswa pengguna semakin bagus.

Selain hal menggembirakan tersebut di atas, dalam evaluasi bulanan untuk Februari 2018 yang kami adakan pada 2 Maret 2018 masih terdapat beberapa kekurangan yang mesti disikapi oleh Tim Pasikola. Dari sepuluh armada yang dimiliki oleh Pasikola, masih ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian terkait kondisi mobil dan fasilitas.

Pada evaluasi bulanan kali ini juga terdapat beberapa hal yang mengemuka dari penyampaian para pengemudi. Seperti misalnya beberapa siswa sering meminta singgah untuk membeli makanan di minimarket. Ada pula beberapa orang tua siswa pengguna yang mengikutkan anaknya yang lain di mobil Pasikola padahal belum terdaftar oleh pihak manajemen Pasikola.

Untuk hal pertama, Tim Pasikola meminta para pengemudi untuk tidak menuruti keinginan mereka. Selain menyalahi SOP Antar Jemput, memenuhi keinginan beberapa anak untuk singgah di suatu tempat akan mengganggu harmoni di antara siswa pengguna. Tim juga menyampaikan pada pengemudi untuk menyampaikan permohonan maaf dan penjelasan bahwa keinginan orang tua yang mengikutkan anaknya yang tidak terdaftar pada armada Pasikola tak dapat kami penuhi demi tetap menjaga kenyamanan siswa pengguna yang terdaftar secara resmi.

Dalam evaluasi ini juga pengemudi menyampaikan adanya larangan untuk memarkirkan armada di depan Monumen Mandala Jl. Ratulangi oleh aparat kepolisian, sementara kendaraan lain (transportasi daring) diperbolehkan. Menanggapi hal ini, Ketua Organda Makassar Zainal Abidin akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, utamanya Kasat Lantas Makassar.

Penyerahan Penghargaan Pengemudi Bulan Ini Februari 2018 oleh Sainal Abidin, Ketua Organda Makassar kepada Pak Jafar.

Setelah melakukan evaluasi bulanan Tim Pasikola kemudian memilih satu dari sepuluh pengemudi sebagai Pengemudi Bulan Ini (Driver of The Month). Melihat perkembangan dari performa para pengemudi yang sangat menggembirakan, memilih satu dari sepuluh bukanlah hal mudah. Tim kemudian menyepakati menetapkan Pak Jafar Dg Ngawing pengemudi unit 3 yang melayani siswa-siswi SDN IKIP dan IKIP 1 sebagai Pengemudi Bulan Ini untuk Februari 2018.

Keputusan untuk memilih Pak Jafar ini tak terlepas dari kinerjanya dalam melayani siswa pengguna. Pengemudi yang bergabung pada Piloting 1.3 ini selalu tersenyum dan memperlakukan siswa-siswi pengguna layaknya anak sendiri. Begitu pun komunikasi dengan orang tua yang terjalin bagus. Pak Jafar akan dengan sigap dan cepat merespon pemberitahuan orang tua dalam aplikasi percakapan. Juga, selalu memberitahukan pada orang tua dengan cepat apabila ada informasi terkait dengan proses antar jemput.

Pemilihan Pak jafar sebagai Pengemudi Terbaik juga tak lepas dari kebersihan mobil dan fasilitas yang terjaga dengan baik. Begitu pula dengan penampilan diri yang selalu beliau jaga. Rapi, bersih dan murah senyum. Itulah kenapa kami memutuskan Pak Jafar layak terpilih pada bulan ini. Selamat yah, Pak Jafar!

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *